Rabu, 24 Maret 2010
Aku Memilih Jadi Distributor, bukan Trader
Kalau salesman sudah pintar, distributor harus lebih pintar. Jangan sampai penjualan salesman melebihi target, tetapi akhirnya membuat bangkrut distributor Anda. Sukses pemasaran suatu produk selain terletak pada banyaknya produk, yang dibuat produsen, sebenarnya terletak juga di pundak distributor; bagaimana distributor bisa menjualnya di saat daya beli konsumen menurun sekalipun. Distributor bisa bertahan bersama principal selama berpuluh-puluh tahun, kuncinya karena distributor bisa menerjemahkan kemauan principal. Tidaklah mudah mengikuti kemauan principal kalau distributor tidak memiliki manajemen yang baik. Distributor sering kali berangkat dari trader (pemilik toko) sehingga dalam kerja sama dengan principal, distributor menganut manajemen toko. Untuk meningkatkan penjualan, tentunya principal menginginkan manajemen distributor menjadi lebih baik. Principal berusaha membantu memperbaiki distributor trader menjadi distributor profesional. Inilah tantangan principal dan sekaligus peluang bagi trader (pemilik toko) untuk mengembangkan distributornya menjadi lebih baik.Buku ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis distributor karena: Membahas cara mengelola dan memberdayakan distributor secara komplet dan efektif sehingga dapat dijadikan panduan praktis para marketing manager, sales manager, dan sales supervisor yang berada di bawah payung principal serta para sales manager, sales supervisor dan salesman di bawah payung distributor. Berisi prospek bisnis distributor, strategi mendapatkan principal, konsep pemasaran dan strategi distribusi, manajemen piutang penjualan, audit distributor, manajemen rute kunjungan, manajemen performance sales force, sistem remunerasi sales force, dan delivery order system. Berisi cara menghitung sewa gudang per unit produk berdasarkan activity based costing dan menetapkan key performance indicator distribusi distributor, strategi distributor mengelola pelanggan, sampai dengan SOP (standard operating procedures) distributor. ( disadur dari buku : Distributorship Management karangan Frans M Royan)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar